Mengenal Jamur Tiram


Jamur tiram atau mungkin dengan nama latin Pleurotus ostreatus adalah salah satunya barisan jamur yang banyak diketahui sebab bentuk serta ukuran badan buahnya yang benar-benar akrab di warga. Jamur tiram adalah salah satunya tipe jamur yang bisa dikonsumsi (edible) serta mempunyai rasa yang cukup ciri khas. Jamur ini termasuk juga jamur kayu yang banyak tumbuh di pokok-pokok kayu yang lapuk serta bisa tumbuh bergantung dari sumber nutrien, temperatur, kelembapan, air, sinar, udara serta keasaman.

Morfologi Tanaman
Jamur tiram adalah jamur kayu yang tumbuh berderet menyamping pada tangkai kayu yang telah lapuk. Jamur ini bertubuh buah yang bisa tumbuh mekar berupa corong dangkal seperti kulit kerang (tiram). Badan jamur ini mempunyai tudung (pileus) serta batang (stipe/stalk). Pileus jamur mempunyai bentuk seperti cangkang tiram memiliki ukuran 5 sampai 15 cm serta permukaan sisi bawah yang berlapis-lapis seperti insang berwarna putih serta lunak. Sedang tangkainya ada yang pendek ada pula yang panjang (2-6cm) bergantung pada situasi keadaan dan iklim yang memengaruhi perkembangannya. Batang ini menyokong tudung cukup lateral dibagian pinggir atau eksentris (cukup ke tengah) (Djarijah serta Djarijah, 2001).

Tipe Jamur Tiram
Ada beberapa macam jamur tiram yang dibudidayakan petani, salah satunya:
-Jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus). Jamur tiram putih ini tumbuh membuat rumpun dalam sàtu media. Tiap rumpun mempunyai percabangan yang lumayan banyak. Daya simpannya semakin lama dibanding dengan jamur tiram kuning, walau tudungnya semakin tipis dibanding dengan jamur tiram coklat serta jamur tiram kuning.
-Jamur tiram coklat (P. abalonus), warna badannya kecoklatan. Jamur tiram coklat memiliki rumpun yang semakin sedikit dibanding dengan jamur tiram putih serta jamur tiram kuning, tapu tudungnya semakin tebal serta daya simpannya semakin lama.
-Jamur tiram kuning (Pleurotus sp), warna badannya kuning tetapi tipe jamur ini benar-benar jarang-jarang diketemukan. --Jamur ini mempunyai rumpun terbanyak dibanding dengan jamur tiram coklat atau jamur tiram putih, tapi jumlah cabangnya sedikit serta lebih tipis dibanding dengan jamur tiram coklat dan daya simpannya paling pendek.

Kecuali ke-3 tipe jamur tiram itu, ada beberapa macam jamur tiram yang lain salah satunya adalah:
-Djamor, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna ungu kemerahan.
-Pulmonarius, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna putih keabu-abuan.
-sajor-caju, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna kelabu.
-Eryngii, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna kebiruan.
-Euosmus, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna kecoklatan.
-Flabellatus, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna merah jambu.
-Cystidious, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna putih, kemerahan.
-Citrinopileatus, jamur tiram yang mempunyai keunikan warna kuning keemasan.

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Mengejutkan dari Jamur Shitake

Brand-new tactical plan for supporters

5 Manfaat Jamur Lingzhi untuk Kesehatan, dari Rematik Hingga Kanker