Mengenal Jamur Enoki


DeskripsiJamur Enokitake ialah jamur pangan dengan badan buah hasil budidaya berupa panjang-panjang berwarna putih seperti tauge. Juga dikenal untuk jamur tauge, jamur musim dingin, atau jamur jarum emas.

Belakangan ini di Amerika Serikat, Australia, serta Kanada, digegerkan penemuan jamur enoki (Flamulina velutipes) yang terkontaminasi bakteri Listeria monocytogenes. Pencemaran jamur import dari Korea itu sampai diputuskan Insiden Luar Biasa pada Maret-April 2020. 
Periset mikrobiologi Pusat Riset Biologi LIPI, Iwan Saskiawan menerangkan patogen itu mengkontaminasi waktu proses pengepakan jamur enoki atau waktu penyimpanan. Melalui info tercatatnya, ia menjelaskan jika bakteri itu 'suka' produk olahan memiliki bahan fundamen susu serta turunannya seperti keju, es cream serta yoghurt.

Tetapi, Iwan menjelaskan, riset paling baru ungkap bakteri yang sama dapat mengkontaminasi daging mentah dan sayuran. "Penyakit yang dikarenakan oleh bakteri ini disebutkan dengan listeriosis yang diikuti dengan tanda-tanda demam tinggi, sakit di kepala, pegal, mual, sakit di perut serta diare," kata Iwan, Minggu 28 Juni 2020.
Iwan memberikan tambahan, lewat pencucian yang prima dengan air mengalir, pemrosesan serta penyimpanan yang betul, biasanya jamur enoki serta bahan pangan lain itu akan aman dikonsumsi. Bakteri itu dikatakannya akan mati pada temperatur 75 derajat Celsius.

Awalnya, situs situs Mayo Clinic menulis jika bakteri Listeria khususnya menggempur empat kelompok, termasuk juga bayi yang baru lahir, wanita hamil, orangtua berumur 65 tahun ke atas, serta beberapa orang dengan skema kebal badan loyo. Beberapa efek negatif buat badan dapat juga langsung dirasakan.

Pada masalah sedang, infeksi listeriosis bisa mengakibatkan septikemia atau meningitis. Sedang untuk masalah yang semakin serius, dapat mengakibatkan kematian.
Tubuh Penjagaan serta Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) menulis seputar 260 kematian di Amerika Serikat tiap tahunnya sebab infeksi listeriosis. Angka itu serta melewati tingkat kematian Salmonella serta Clostridium botulinum. Untungnya, rasio masalah yang menyebabkan fatal serta sedang ialah 20:80.

Tubuh Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan) minta aktor usaha (importir) untuk menarik serta menghancurkan jamur enoki yang tersebar di Indonesia. Apa faktanya?
1. Disangka Tercemar Bakteri Listeria Monocytogenes
2. Ada Peringatan dari INFOSAN
3. Ada Insiden Luar Biasa di AS sampai Australia
4. Bakterinya Dapat Buat Manusia Wafat
5. Penyelidikan Dilaksanakan Dilanjut Penarikan

Postingan populer dari blog ini

5 Manfaat Mengejutkan dari Jamur Shitake

Brand-new tactical plan for supporters

5 Manfaat Jamur Lingzhi untuk Kesehatan, dari Rematik Hingga Kanker